Genshin Impact Review

Genshin Impact – Hari ini, saya akan mulai review game buatan Mihoyo yang baru di release secara global pada beberapa bulan yang lalu berjudul “Genshin Impact”. Game ini berbentuk Open World yang mementingkan esksplorasi, melawan beragam monster, level up characters, dan juga melakukan quest.

Genshin Impact memiliki sistem yang mirip dengan game yang sudah dibanyak dikenal orang yaitu “Breath of the Wild“. Tetapi, tentu saja Genshin Impact menambahi hal-hal baru yang dapat membuat game ini menarik dan berhasil menjadi “Mobile Game of the Year 2020” walaupun baru di release tidak lama.

Seperti game Mihoyo lainnya, Genshin Impact masih dalam masa pembuatan. Yang artinya, bahwa konten dalam game ini tidak melebihi 50% selesai mengetahui seberapa banyak hal yang belum di implementasikan dalam game.

Trailer Opening

Kisah dimulai dengan kehidupan kembar saudara yang bernama Aether dan Lumine yang biasanya melakukan perjalanan dari dunia ke dunia. Inilah asal-usul mengapa kita dipanggil Traveler dalam game.

Sayangnya, Perjalanan terganggu dengan kemunculan Unknown God yang memberhentikan si kembar. Mereka mencoba untuk mengalahkannya. Tetapi sayangnya, Unknown God sangatlah kuat.

Di sini, kita dapat memilih kembar mana yang ingin kita pilih untuk dimainkan selama game berlangsung dan juga nama yang ingin kita mau masukkan.

Tergantung kembar mana yang kamu pilih, kembar yang lainnya akan ditangkap oleh Unknown God dan dijadikan ratusan kubik. Nasib tersebut berujung sama dengan karakter kita.

Akhirnya, scene berlanjut ke kembar yang kita pilih berbicara di pantai bersama Paimon, seseorang yang menjadi guide kita sepanjang game. Ternyata, tidak hanya terpisah dengan saudaranya, tetapi kita juga telah kehilangan kekuatan kita.

Paimon menjelaskan bahwa dia tidak ingat masa lalunya. Tetapi, dia akan menjadi guide untuk membayar balas budi karena kita telah menolongnya ketika hampir tenggelam.

Inilah main storyline yang kita dapati di game. Yaitu mengembalikan kekuatan dan mencari saudara kembar kita yang hilang.

Gameplay

genshin impact
Karakter-karakter bisa didapatkan melalui gacha

Mekanisme dalam game mirip dengan Breath of the Wild. Mulai dari memanjat, memasak, meluncur, dan juga mendapat kekuatan yang dapat membantu kita untuk melawan monster.

Game Open-World ini sangat penting untuk bereksplorasi untuk mendapatkan perlengkapan senjata atau barang yang bisa membantu kita dalam perjalanan.

Berbeda dengan Breath of the Wild, di Genshin Impact kita dapat membuat 4 anggota tim untuk membantu kita melawan monster lain. Selain itu, setiap karakter memiliki element yang berbeda atau disebut juga vision in-game.

Genshin Impact juga menyediakan 5 jenis tipe senjata dalam game. Kerja sama antar anggota dalam tim sangatlah penting. Karena semakin kita naik level, semakin susah musuh yang kita dapati.

Berbeda dengan Breath of the Wild, Genshin Impact menyediakan sistem gacha agar kita bisa mendapatkan senjata dan juga karakter yang kita inginkan.

Memang gacha tersebut sangat bergantung dengan keberuntungan terhadap masing-masing pemain. Banyak orang-orang yang akhirnya mengeluarkan duit demi mendapatkan karakter yang mereka inginkan dari sistem gacha tersebut.

Tetapi, tidak usah khawatir, karena Genshin Impact merupakan game yang masih bisa dimainkan sebagai F2P (Free-to-Play). Seperti saya yang sampai sekarang masih F2P dan sudah mendapatkan banyak karakter.

Selain main quest dan juga story quest, kita dapat co-op juga dengan bermain bersama teman. Atau masuk ke world random lain. Tetapi untuk saat ini, co-op cukup terbatas.

Karena kita hanya bisa melawan di Domain dan Bosses bersama. Saya berharap agar Mihoyo bisa mengimplementasikan hal lain yang co-op bisa lakukan.

Storyline

Salah satu hal yang menurut saya Genshin Impact sangat bagus untuk game yang free adalah storyline-nya sendiri. Di sepanjang cerita, kita diperkenalkan dengan banyak karakter-karakter dengan kisah yang unik.

Selain main story-nya, kita juga akan mendapatkan story beberapa karakter dalam game. Menurut saya, sangat menarik kisah dari masing-masing karakter karena mereka memiliki background yang berbeda.

Dari luar, memang Genshin Impact terlihat game anime generic. Tetapi, menurut saya, Genshin Impact berhasil membuat lore yang bisa mendalam. Tidak hanya dari quest saja, melainkan dari dialog NPC (Non-Playable Character) juga kita bisa mengetahui beberapa hal tentang karakter dalam game.

World building pada Genshin Impact sangatlah bagus karena dapat membuat saya terjerumus ke dalam ceritanya.

Teyvat Chapter Storyline

Graphic Game

Untuk game mobile yang free, grafik Genshin Impact sangat bagus dan indah. Mihoyo berhasil membuat saya terpesona dengan pemandangan yang terdapat dalam game tersebut.

Game yang bermodel Open-World ini sangat memanfaatkannya dengan mengharuskan kita bereskplorasi agar kita bisa mendapatkan loot.

Tentu saja kita bisa juga setting graphic yang kita inginkan memalui options agar kita tidak lag saat memainkan gamenya.

Soundtrack

Zhongli OST

Genshin Impact berhasil membuat suasana lokasi dan juga cutscene sangat terasa. Bahkan beberapa karakter juga memiliki soundtrack sendirinya.

Karena dengan soundtracknya, saya merasa lebih terjerumus dalam dunia Genshin. Bahkan pada misi akhir main storyline saya hampir menangis karena soundtrack beserta dialog karakter dalam game-nya yang mengharukan.

Kesimpulan

Walaupun game ini masih dalam proses pembuatan, Mihoyo sudah bisa membuat Genshin Impact menjadi salah satu game yang yang populer secara meng-global.

Yang artinya menunjukkan betapa banyak potensi yang bisa didapatkan dari game ini tersebut. Jika kamu ingin game Open-World yang action packed, strategis, karakter dengan cerita yang unik, dan mementingkan eksplorasi.

Genshin Impact-lah game untukmu. Saya sangat rekomen untuk pemain yang menyukai RPG dan Open World untuk memainkan game ini. Direview oleh Abeliva AlamGame.com